Seputar Fitness

Cara Menggunakan Alat Fitness Untuk Pemula

Cara Menggunakan Alat Fitness Untuk Pemula

Tidak semua orang bisa menggunakan alat fitness, terutama bagi para pemula yang akan asing melihat berbagai macam alat fitness. Tentu saja alat yang digunakan memiliki kegunaan dan cara penggunaan yang berbeda-beda pula.

Treadmill

Cara Menggunakan Alat Fitness Untuk Pemula - Treadmill

Alat ini sebenarnya tidak asing bagi para pecinta olahraga. Alat fitness yang satu ini memiliki fungsi untuk membentuk otot kaki. Alat ini sebenarnya mudah untuk digunakan.

  1. Perhatikan setelan treadmill sebelum memulai.
  2. Atur kecepatan sesuai keinginan dan kemampuan.
  3. Gunakan klip pengaman sebelum memulai.
  4. Klik tombol mulai yang biasanya berwarna hijau.
  5. Lari atau berjalanlah di atasnya dengan hati-hati.
  6. Tekan tombol berhenti yang biasanya berwarna merah.

Kecepatan treadmill memiliki beberapa tahap, yaitu pelan untuk jogging, sedang atau medium, dan cepat untuk lari. Untuk mendapatkan hasil yang bagus saat olahraga menggunakan treadmill, Anda harus melakukannya dengan benar.

  1. Lakukan pemanasan

Anda bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Misalnya dengan berkeliling area gym atau rumah. Melakukan aktivitas jalan ditempat dan peregangan sebelum berolahraga.

  1. Gunakan secara bertahap

Walaupun Anda kuat melakukan olahraga di atas treadmill dalam waktu lama. Tetap berikan jeda di setiap 20-30 menit penggunaan. Istirahat bisa dilakukan dalam 5 menit sebelum melanjutkan olahraga lagi.

  1. Tingkatkan Kecepatan

Usahakanlah untuk bisa terus meningkatkan kecepatan setiap minggunya. Misalnya 0,5-1 meter per jam agar kekuatan dan ketahanan otot meningkat. Cara penggunaannya yang mudah dan simpel tidak membuatnya terlihat sepele. Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga di atas treadmill.

  1. Melatih dan menguatkan otot kaki

Melakukan jogging atau lari secara rutin dapat membuat otot paha, betis hingga telapak kaki menjadi lebih kuat.

  1. Menurunkan berat badan

Untuk Anda yang berniat menurunkan badan, menggunakan treadmill dapat membantu Anda membakar lemak secara efektif.

  1. Meninggikan badan

Treadmill juga bisa membantu Anda meninggikan badan secara efektif. Namun alat ini akan menampilkan hasilnya dengan cepat jika Anda berlari.

Elliptical Machine

Cara Menggunakan Alat Fitness Untuk Pemula - Elliptical Machine

Alat ini bisa digunakan di dalam rumah dengan ruangan yang tidak terlalu luas jika Anda memilikinya. Namun alat ini juga sering bahkan selalu ada di tempat gym.

Elliptical Machine merupakan alat kebugaran dengan 2 pedal dan 2 tuas yang bisa digerakkan secara bersamaan. Dengan menggunakan alat fitness ini, Anda sudah berolahraga setara seperti berlari, berjalan bahkan memanjat.

Cara menggunakannya pun sederhana karena hanya terasa seperti berjalan atau berlari biasa. Hanya saja lebih menggunakan banyak tenaga. Jika Anda merasa bingung tentang ciri fisik alat fitness ini, Anda bisa melihat gambarnya pada katalog BandungFitness.com.

  1. Letakkan kedua kaki pada masing-masing pedal yang tersedia di kanan dan kiri.
  2. Genggam kedua tuas dengan erat.
  3. Berdirilah dengan tegak, baik punggung maupun perut.
  4. Putar pedal seperti sedang berjalan.
  5. Gerakan tuas menggunakan tangan seperti menarik dan mendorong.
  6. Pastikan lutut lemas dan tidak terkunci atau kaku.

Melakukan olahraga dengan alat fitness yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya seperti memperkuat jantung, membakar kalori, meningkatkan kemampuan aerobik, memperkuat sistem pernapasan dan paru-paru.

Sepeda Statis

Cara Menggunakan Alat Fitness Untuk Pemula - Sepeda Statis

Alat fitness ini tidak jauh berbeda dengan sepeda biasa. Perbedaan hanya terletak pada bagian bawahnya. Sepeda statis tidak dapat bergerak maju atau mundur walaupun dikayuh seperti sepeda biasa.

Mengayuh sepeda di tempat ini sangat bermanfaat untuk menggantikan olahraga yang berat atau sangat melelahkan. Terlebih lagi jika Anda memiliki masalah pada persendian, punggung, dan lutut.

Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan sepeda biasa. Namun Anda juga harus memiliki persiapan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  1. Atur posisi alat dengan benar

Atur tempat duduk pada sepeda statis sampai kaki bisa lurus saat mengayuhnya. Atur juga posisi stang agar sejajar dengan bahu. Posisi ini dinilai aman dan nyaman untuk bersepeda di tempat.

  1. Jangan membungkuk

Jika Anda bersepeda dalam waktu lama sambil membungkuk, punggung dan leher akan cepat pegal. Posisikan badan untuk tegap dan bahu sejajar agar hasil yang didapatkan setelah berolahraga maksimal.

Manfaat dari berolahraga menggunakan sepeda statis yang paling utama adalah menguatkan otot kaki terutama bagian sendi. Hal lain yang akan dirasakan adalah paha menjadi lebih kencang dan punggung menjadi kuat.

Bahkan fitness menggunakan sepeda statis dapat membantu Anda pasca operasi karena mengalami cedera.