Olahraga

7 Jenis Latihan Kardio Ini Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah

7 Jenis Latihan Kardio Ini Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah

Bagi anda pencinta olahraga, mungkin kalian tertarik untuk mencoba latihan kardio yang dapat dilakukan di rumah ini.

Bagi kebanyakan orang, olahraga kardio adalah olahraga yang paling mudah dilakukan di rumah. Selain menawarkan kenyamanan, melakukan kardio di rumah juga menghemat waktu dan budget. Bahkan dengan sedikit kreativitas, kita sudah dapat melakukan latihan kardio yang efektif untuk membakar kalori dan mengencangkan otot-otot tubuh.

Selain itu, olahraga kardio juga memiliki banyak manfaat. Lebih dari sekedar penurunan berat badan, olahraga kardio juga dapat membantu memompa jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Dan juga, olahraga kardio juga dapat meningkatkan kepadatan tulang pada tubuh-tubuh kita.

Berikut ini adalah berbagai macam latihan kardio tanpa menggunakan alat seperti treadmill dan sepeda statis yang dapat anda coba di rumah.

  1. Lompat Tali

Ternyata lompat tali dapat membakar sebanyak 375 kalori dalam waktu 30 menit. Selain hemat budget, jenis olahraga kardio satu ini tidak memerlukan keahlian khusus dan juga dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun. Selain membakar kalori, jenis latihan kardio ini juga sangat cocok untuk anda yang ingin meningkatkan tinggi badan.

  1. Squat jump

7 Jenis Latihan Kardio Ini Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah - Squat Jump

Squat jump adalah jenis latihan kardio yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, terutama pada kaki. Jenis olahraga ini juga membutuhkan persendian dan tulang-tulang yang kuat. Sehingga dengan latihan ini, cobalah dengan lembut agar persendian terlindungi.

  1. Olahraga Tangga

Jika anda memiliki tangga di rumah maka anfaatkanlah hal tersebut. Jenis olahraga kardio ini ternyata dapat mengencangkan lemak paha. Karena dengan latihan ini, otot kaki kita bekerja dengan keras, sehingga bagian paha bawah terasa lebih kencang. Tetapi, jika anda memiliki masalah lutut, sebaiknya anda menghindari jenis latihan kardio satu ini.

  1. Zumba

7 Jenis Latihan Kardio Ini Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah - Zumba

Seiring dengan berkembangnya zaman, melakukan zumba ternyata tidak perlu lagi repot-repot datang ke pusat gym. Anda bisa melakukan zumba dengan cara mencari video zumba di YouTube. Olahraga zumba ternyata juga sangat populer bagi para wanita dan pria untuk segala usia. Karena konsep olahraga ini sangat asik untuk diikuti.

Biasanya zumba dilakukan antara 60 sampai 90 menit. Dengan olahraga ini, biasanya sanggup membakar sebanyak 400 kalori.

Tips: Gunakan sepatu olahraga atau sepatu aerobic agar setiap gerakan zumba anda terasa nyaman.

  1. HIIT

Jenis olahraga kardio baru. HIIT (High Intensity Interval Training) adalah jenis latihan kardio baru dan efektif untuk membakar kalori. Dengan jenis kardio menggunakan intensitas ini, pembakaran lemak dapat dimaksimalkan dalam waktu 24 jam serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh juga.

Gerakan HIIT dilakukan selama 30 detik dengan memberi jeda selama 10 detik untuk setiap pergantian gerakan.

Anda tentu saja dapat mencari banyak inspirasi gerakan HIIT di YouTube dan media sosial lainnya. Serta, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, guna mencegah terjadinya cedera. Dan tak lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah latihan agar tubuh terasa lebih rileks.

  1. Jogging di Tempat

Salah satu jenis latihan kardio ini juga dapat anda coba di rumah. Jogging di tempat ternyata memberikan banyak manfaat yang sama dengan jogging di luar ruangan. Tetapi kebanyakan orang biasanya menggabungkan jogging di tempat dengan beberapa gerakan lainnya. Seperti burpee, lompat tali, jumping jacks bahkan gerakan lainnya. Dengan ini, lemak tubuh akan terbakar, serta otot-otot pada tubuh juga akan terbentuk.

  1. Kickboxing

7 Jenis Latihan Kardio Ini Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah - Kickboxing

Kickboxing adalah salah satu olahraga terbaik di dunia. Jenis olahraga yang menggabungkan beberapa gerakan kardio ini ternyata dapat membakar banyak lemak pada tubuh dan juga mengencangkan otot-otot.

Layaknya berenang, kickboxing menggunakan seluruh tubuh karena gerakannya yang berhubungan satu sama lain. Tak hanya bagus untuk tubuh dan pikiran, kickboxing juga bermanfaat untuk belajar bela diri. Dengan memanfaatkan gerakan menendang dan meninju kita suda dapat meningkatkan kepercayaan diri agar selalu siap siaga.

Kickboxing juga termasuk kategori olahraga dengan intensitas tinggi. Olahraga jenis ini dapat membakar sebanyak 800 hingga 1000 kalori dalam waktu singkat. Tetapi hal ini tergantung dengan tingkat intensitas dan karakter setiap pribadi.

Pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu setiap ingin memulai latihan apa pun. Dan pastikan juga Anda menggunakan sepatu olahraga yang mendukung agar setiap gerakan yang kita buat terasa nyaman.

Baiklah, itu tadi adalah beberapa jenis latihan kardio yang dapat anda coba di rumah tanpa menggunakan alat olahraga. Tertarik melakukannya?