Olahraga

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Tujuan utama melakukan pemanasan adalah agar tubuh tidak kaget saat kita akan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih tinggi. Dengan pemanasan, otot-otot pada tubuh kita dapat beradaptasi terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan berat selanjutnya.

Dibalik banyaknya manfaat pemanasan, ternyata tak sedikit orang yang beranggapan bahwa pemanasan adalah kegiatan yang sepele dan membuang-buang waktu, sehingga mereka sering sekali mengabaikannya. Oleh karena itu, tak sedikit juga orang yang mengalami cedera saat melakukan olahraga.

Penyakit keengganan melakukan pemanasan ini banyak terjadi dikalangan anak muda. Mereka beranggapan bahwa tubuh mereka masih lentur dan kuat sehingga tidak perlu melakukan pemanasan.

Padahal melakukan pemanasan sebelum berolahraga sangat wajib, baik bagi orang tua ataupun anak muda. Selain menghindari resiko cedera, melakukan pemanasan sebelum berolahraga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah 7 manfaat pemanasan sebelum berolahraga yang akan kita dapatkan.

  1. Meningkatkan performa

Pemanasan sebelum olahraga memberi manfaat dalam meningkatkan performa tubuh. Karena pemanasan membuat otot-otot tubuh kita menjadi lebih fleksibel dan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah ini tentu saja berguna bagi tubuh, karena semakin banyak darah yang dipasok maka semakin baik pula kualitas performa olahraga anda.

  1. Mencegah Cedera

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - Cedera Otot

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga memang sudah menjadi kewajiban. Dengan pemanasan, otot-otot menjadi lentur dan fleksibel. Pemanasan juga membantu otot kita lebih rileks dan juga dapat mengurangi rasa sakit pada otot setelah latihan.

  1. Mempersiapkan Mental

Dengan pemanasan, mental kita akan terasa lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik berat selanjutnya. Persiapan mental ini sangat penting untuk latihan fisik mendatang karena pemanasan dapat meningkatkan teknik dan keterampilan. Dan juga tubuh dapat menghasilkan kecepatan dan mental yang lebih siap.

  1. Melancarkan Pernapasan dan Sirkulasi Darah

Orang yang jarang berolahraga cenderung merasa sesak napas saat tenaganya langsung dipakai secara langsung. Oleh karena itu, peran pemanasan sebelum olahraga sangat penting agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil. Dan juga, pemanasan dapat meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

  1. Mengurangi Ketegangan Otot

Dengan melakukan pemanasan, kita dapat menghindari tegangnya otot-otot pada tubuh. Ketegangan otot ini sangat perlu dihindari agar tidak terjadi cedera. Selain itu, pemanasan juga dapat memperbaiki postur tubuh secara perlahan-lahan apabila dilakukan secara rutin.

Pemanasan juga sangat penting untuk sendi, karena dengan pemanasan sendi-sendi di tubuh kita akan terasa fleksibel dan juga dapat mencegah terjadinya korosi.

  1. Meningkatkan Jangkauan Gerakan

Manfaat pemanasan selanjut adalah meningkatkan jangkauan pada gerakan. Sehingga sendi-sendi lebih leluasa bergerak kesana-kemari. Ada dua jenis pemanasan yang dapat anda lakukan. Yaitu, pemanasan statis dan dinamis. Kedua pemanasan ini sama-sama dapat menunjang jangkauan gerakan agar lebih leluasa.

  1. Mencegah Nyeri Punggung Bawah

7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - Nyeri Punggung Bawah

Dengan melakukan pemanasan, kita dapat meningkatkan fleksibilitas dari paha belakang, pinggul dan otot panggul. Karena ketiganya memiliki peran penting dalam mengurangisuatu beban. Dengan ini, resiko terkena nyeri punggung pada bagian bawah dapat kita cegah.

7 manfaat diatas dapat kita nikmati apabila melakukan pemanasan sebelum olahraga. Bukan hanya untuk meminimalisir resiko cedera saja, pemanasan juga sangat baik untuk kesehatan organ vital dan bagian luar tubuh yang lain. Dengan pemanasan, kita juga dapat terhindar dari resiko penyakit jantung koroner, hipertensi, dan stroke.