Olahraga

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan

Rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian tulang terutama sendi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami keterbatasan untuk beraktivitas bahkan saat bergerak. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang bisa terkena penyakit ini mulai dari faktor keturunan hingga pola hidup yang tidak sehat.

Jika sudah mengalaminya tentu siapa pun akan kesulitan untuk beraktivitas dalam posisi tertentu terutama yang berhubungan dengan sendi. Namun jika dibiarkan pun juga tidak akan baik bagi tubuh sehingga perlu penanganan yang khusus termasuk mengimbanginya dengan olahraga.

Olahraga tetap bisa Anda lakukan meskipun memiliki keluhan rematik yang biasanya membatasi aktivitas Anda. Terdapat jenis olahraga untuk penderita rematik yang umumnya bersifat cukup ringan dan tidak menimbulkan risiko tinggi. Jika Anda penderita rematik beberapa olahraga berikut ini bisa Anda lakukan agar kondisi tubuh tetap bugar.

Berjalan Kaki

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan - Jalan Kaki

Olahraga yang pertama ialah dengan berjalan kaki menggunakan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Pada dasarnya berjalan kaki cukup aman untuk dilakukan bagi penderita rematik karena tidak membutuhkan gerak tubuh yang terlalu aktif.

Anda bisa berjalan di sekitar tempat tinggal Anda sambil menghirup udara segar ataupun berjalan kaki di atas treadmill berkecepatan rendah. agar membuat tubuh lebih sehat lagi Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ini secara rutin.

Berenang

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan - Berenang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang cukup aman bagi para penderita rematik. Bahkan beberapa penelitian membuktikan jika keluhan pada penderita rematik lebih berkurang setelah berolahraga di dalam air hangat. Untuk itu, berenang menjadi salah satu jenis olahraga untuk penderita rematik yang aman dan menyehatkan.

Akan tetapi untuk aktivitas ini Anda lebih disarankan menggunakan air hangat agar tidak memicu rasa sakit pada bagian sendi. Saat ini hampir setiap daerah sudah memiliki kolam pemandian air hangat yang bisa membantu Anda untuk tetap berolahraga.

Bersepeda

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan - Bersepeda

Olahraga lainnya yang juga aman bagi para penderita rematik ialah bersepeda. Olahraga ini sangat disarankan bagi Anda yang menderita rematik dengan kadar yang tidak terlalu tinggi. Dengan bersepeda Anda bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan komplikasi.

Bersepeda bisa menjadi bagian dari latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot pada jantung. Selain itu, hal ini juga otomatis membuat kekuatan kaki menjadi lebih meningkat sehingga peredaran darah bisa lebih lancar yang nantinya membuat keluhan rematik sedikit berkurang.

Yoga

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan - Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga untuk penderita rematik karena di dalamnya menggabungkan postur tubuh, teknik pernapasan, dan juga meditasi. Setiap melakukan yoga maka Anda bisa meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak pada tubuh.

Anda bisa mengikuti kelas yoga yang tersedia tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Jika memungkinkan Anda juga bisa mengundang instruktur khusus yoga ke tempat tinggal Anda agar bisa melakukannya di dalam rumah.

Tai Chi

Jenis Olahraga untuk Penderita Rematik yang Aman dan Tetap Menyehatkan - Taichi

Olahraga ini termasuk seni bela diri tradisional yang berasal dari China. Setiap gerakannya akan mengutamakan kelembutan dan keselarasan sehingga dapat meningkatkan fungsi otot. olahraga ini dapat mengurangi kaku dan rasa sakit pada bagian tubuh terutama jika dilakukan dengan teknik yang tepat.

Anda bisa mengikuti latihan bela diri tersebut secara rutin agar tubuh tetap terbiasa dengan gerakan yang diberikan. Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget saat melakukan beberapa gerakan pada beladiri tersebut.

Beberapa jenis olahraga untuk penderita rematik tersebut tentunya dapat dilakukan setelah mendapatkan saran dari dokter atau melakukan konsultasi sebelumnya. Terlebih jika Anda menderita rematik dengan risiko tinggi sehingga Anda harus sangat berhati-hati dalam melakukan setiap aktivitas. Pola hidup yang sehat dan melakukan pengobatan rutin terhadap penyakit ini juga dapat membantu penyembuhan dengan baik.