Artikel

Apa Saja Perbedaan Treadmill Elektrik dan Manual?

Bagi anda yang menyukai olahraga terutama olahraga yang dilakukan menggunakan alat fitness, treadmill merupakan salah satu jenis alat fitness yang sangat digemari banyak orang. Treadmill merupakan alat yang mudah digunakan dan efektif untuk membakar kalori dan juga melatih kardio.

Untuk jenis treadmill sendiri memiliki beberapa macam baik dari segi ukuran dan juga cara penggunaannya sehingga bisa digunakan dan dimanfaatkan baik di rumah atau pun di tempat kebugaran.

Karena jika anda malas untuk keluar rumah maka anda bisa melakukan olahraga menggunakan treadmill di rumah saja. Jenis dari treadmill sendiri adalah treadmill electrik dan manual. Jika anda senang untuk melakukan olahraga diĀ  pusat kebugaran maka mereka sering menggunakan treadmill elektrik.

Lalu apa saja sih perbedaan antara kedua jenis treadmill tersebut? Simak berikut ini.

Treadmill Manual

Treadmill manual merupakan salah satu jenis treadmill yang tidak menggunakan atau tidak digerakkan menggunakan motor. Sehingga pengguna harus menggerakkan nya sendiri menggunakan tenaga anda sehingga dapat berfungsi.

Setelah anda menginjakkan kaki di treadmill tersebut maka alat tersebut akan otomatis berjalan yang disesuaikan dengan kecepatan yang anda lakukan. Semakin cepat gerakan yang dilakukan maka akan semakin cepat juga pergerakan alat treadmill ini.

Jika dibandingkan dengan treadmill elektrik bisa terlihat dari alas treadmill tersebut. Karena treadmill manual memiliki alas yang lebih luas dan juga megah. Untuk mengatur treadmill manual bisa dilakukan dengan mengatur treadmill ke mode incline atau mode menanjak.

Treadmill manual muncul lebih awal dibandingkan treadmill elektrik. Sehingga treadmill manual memiliki usia yang lebih tua dibandingkan treadmill elektrik. Namun meskipun begitu banyak sekali loh kelebihan dari treadmill manual ini.

Lalu bagaimana kelebihan dari treadmill manual ini? Simak berikut mengenai penjelasannya.

Perawatannya mudah

Salah satu keunggulan dari treadmill manual adalah tidak menguras kantong dalam segi perawatannya sehingga akan lebih hemat pengeluaran. Hal tersebut dikarenakan tidak ada motor yang perlu dibersihkan dan diperlakukan secara maksimal dan khusus.

Yang perlu dilakukan hanya dengan membersihkan treadmill manual secara teratur dan yang paling penting adalah setelah digunakan. Jangan biarkan treadmill anda kotor karena jarang dibersihkan.

Tahan lama

Mesin-mesin elektrik yang terdapat motor biasanya akan lebih kurang tahan lama dibandingkan treadmill manual. Karena hal tersebut disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada motor atau mesin elektrik nya sehingga mudah rusak.

Sedangkan treadmill manual akan jauh lebih tahan lama karena debu atau kotoran yang menempel pada mesin bisa menyebabkan malfungsi.

Harganya lebih murah

Tidak adanya motor di dalam treadmill manual membuat treadmill ini jauh lebih murah dibandingkan treadmill elektrik. Jika anda menginginkan treadmill dengan harga yang tidak menguras kantong maka treadmill manual adalah pilihan yang cocok bagi anda.

Meskipun harganya lebih murah dibandingkan treadmill elektrik namun treadmill manual ini mampu membakar kalori dengan baik sama seperti dengan treadmill elektrik dan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar jika digunakan dengan baik.

Lalu selain kelebihan pasti ada kekurangannya. Berikut ini kelemahan dari treadmill manual.

Penampilan kurang mewah

Penampilan atau design treadmill manual biasanya kurang mewah dibandingkan dengan treadmill elektrik. Karena treadmill manual merupakan peralatan yang lawas dan mungkin sudah banyak ditinggalkan karena beralih pada treadmill elektrik.

Karena usia nya yang jauh lebih awal dibandingkan treadmill elektrik sehingga treadmill manual ini memiliki penampilan yang kurang mewah. Namun meskipun begitu keefektikan dalam berolahraga masih akan didapatkan dengan baik.

Tidak praktis

Dalam mengubah kecepatan ketika menggunakan alat satu ini harus dengan kekuatan dan tenaga yang diperoleh dari kaki sendiri. Berbeda dengan treadmill elektrik yang hanya dengan klik satu tombol saja.

Sehingga treadmill manual ini kurang efektif ketika ingin mengubah menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Untuk hasil kalori yang dibakar pun treadmill elektrik jauh lebih efektif dibandingkan dengan treadmill manual.

Treadmill Elektrik

Toko Alat Treadmill Elektrik Bandung iReborn Monza Murah Online

Treadmill elektrik menggunakan mesin atau motor sebagai penggerak treadmill itu sendiri. Berbeda dengan treadmill manual yang sebelumnya dibahas, treadmill elektrik ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Di dalam treadmill elektrik ini memberikan tombol-tombolĀ  yang dapat memudahkan untuk pengoperasian treadmill ini. Tombol tersebut diantaranya adalah:

  • Tanjakan
  • Mengatur kecepatan
  • Mengukur heart rate penggunanya
  • Dll

Lalu apa saja kelebihan yang dapat dirasakan jika menggunakan treadmill elektrik? Simak berikut ini.

Desain yang keren

Jika dibandingkan dengan treadmill manual maka design treadmill elektrik jauh lebih keren dengan tombol dan fitur canggih di dalamnya. Treadmill elektrik memiliki design yang lebih modern dibandingkan dengan treadmill manual.

Sehingga hal tersebut yang membuat treadmill elektrik memiliki banyak peminatnya dan lebih banyak diburu terutama di pusat kebugaran perkotaan.

Praktis dan mudah digunakan

Dalam pengoperasian treadmill elektrik memiliki kemudahan dan praktis ketika digunakan. Pasalnya treadmill elektrik ini memiliki tombol-tombol canggih dalam penggunaannya. Sehingga anda dapat berolahraga secara maksimal karena anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kecepatan yang anda inginkan.

Sehingga pembakaran kalori pun mampu lebih optimal sesuai dengan kecepatan yang anda inginkan. Serta tidak perlu menggunakan tenaga sendiri untuk mengatur kecepatannya. Kecepatan bisa disesuaikan dengan kemampuan penggunanya.

Namun meskipun memiliki banyak kelebihan ternyata kalian juga harus merasakan kekurangan dari treadmill elektrik ini. Lalu apa saja kekurangan dari treadmill elektrik ini? Simak kekurangan treadmill elektrik berikut ini, diantaranya adalah:

Perawatannya sulit

Berbeda dengan treadmill manual, treadmill elektrik ini memiliki perawatan yang cukup sulit. Karena merawat motor atau mesin pada treadmill elektrik ini harus penuh ketelitian dan jangan sampai salah. Karena jika salah maka mesin akan cepat rusak dan tidak enak untuk digunakan.

Biasanya dalam merawat mesin atau motor perlu menggunakan minyak khusus yakni sebagai pelumas agar awet dan tidak cepat rusak. Pelumas motor ini dapat membuat motor menjadi tidak kesat dan dapat bergerak lebih mudah.

Jika kekurangan pelumas maka treadmill elektrik ini akan cepat rusak sehingga jika telah rusak membutuhkan reparasi dan biaya nya pun tidak sedikit. Atau bahkan lebih parahnya treadmill elektrik tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Harga yang lebih mahal

Melihat berbagai fitur-fitur canggih yang ditawarkan ternyata banyak sekali dan membuat treadmill elektrik ini memiliki biaya dan harga yang cukup mahal dibandingkan treadmill manual.

Harganya tidak kaleng-kaleng bisa menembus 2 kali lipat hingga 3 kali lipat dari treadmill manual. Treadmill elektrik memiliki harga paling minim sekitar 4 juta saja.

Itu dia perbedaan treadmill manual dan juga treadmill elektrik. Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih treadmill yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai salah pilih dan lakukan olahraga semaksimal mungkin agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.